Pabrik Baju di Jogja

Proses Produksi Pabrik Baju di Jogja

Proses produksi pabrik baju di Jogja ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Proses produksi di pabrik baju ini bisa menggunakan tenaga manusia atau menggunakan tenaga mesin. Proses produksinya bisa dibedakan berdasarkan pakaian yang akan dibuat. Untuk anda yang ingin mengetahui proses produksi pabrik baju di Jogja maka anda bisa melihat tahapannya berikut ini:

  1. Langkah yang paling awal dalam pabrik baju adalah membuat desainnya terlebih dahulu. Anda bisa membuat sketsa dari baju yang akan anda buat. Biasanya untuk pabrik baju yang telah membuat baju dalam jumlah yang banyak maka telah ada sketsa desain yang bisa diikuti. Biasanya tinggal mengubah sketsanya sedikit untuk menyesuaikan dengan keinginan pasar. Untuk membuat sketsa ini maka anda harus mengetahui mengenai mode yang beredar di pasaran. Setelah itu, anda bisa meneruskan sketsa ini menjadi pola yang akan dibentuk menjadi baju.
    1. Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah membuat sampel baju dari pola tersebut. Namun ini hanya dilakukan untuk desain baju yang baru dibuat. Jika baju ini merupakan desain yang telah dipasarkan sebelumnya maka tidak perlu dibuat sampel. Anda bisa melihat kualitas baju dari sampel yang dibuat ini. Biasanya dari sampel ini akan diubah sedikit mengenai desainnya jika tidak sesuai di pasarkan. Bisa juga diubah warna atau detail lainnya dari sampel yang dibuat ini. Anda juga bisa membuat puluhan sampel baju untuk diperkenalkan di pasaran. Jika pasar suka dengan sampel baju tersebut maka anda bisa langsung memproduksi kembali dengan jumlah yang lebih banyak.
    2. Setelah itu, anda bisa memulai produksi bajunya. Anda bisa menggunakan tenaga manusia untuk beberapa proses pembuatan pakaian. Jika anda mempunyai modal yang besar maka anda bisa menggunakan jasa mesin untuk membuat pakaian ini. Anda harus membuat baju dengan ukuran yang berbeda seperti ukuran baju pada umumnya. Proses ini dinamakan grading, anda bisa membuat pola untuk berbagai ukuran baju ini. Anda bisa membuat semua ukuran yang menurut anda akan dicari di pasaran.
    3. Setelah itu, anda bisa mulai mengukur bahan yang akan dibuat untuk baju ini. Anda bisa memotong bahan untuk membuat baju ini. Anda bisa menggunakan mesin untuk mempercepat proses pemotongan bahan ini untuk dibuat baju yang sesuai dengan pola anda. Langkah selanjutnya, anda bisa menjahit kain yang telah dipotong berdasarkan polanya ini. Anda bisa menggunakan mesin untuk menjahit ini agar prosesnya dapat segera terselesaikan. Setelah itu, anda bisa memeriksa hasil jahitan anda atau bisa juga disebut dengan quality control. Untuk langkah terakhir, anda bisa mengemasnya dan mulai mengirimkannya ke toko-toko yang menjadi target pasar dari pabrik baju di Jogja.