Pembuatan Topi di Jogja

Proses Pembuatan Topi di Jogja

Topi yang anda pakai sehari hari dan yang banyak dijumpai di pasaran tentunya tidak begitu saja turun dari langit. Topi topi tersebut dibuat dari pabrik yang kemudian didistribusikan ke para pedagang pedagang yang ada di pasar atau yang kemudian masuk ke merek tertentu kemudian masuk ke tempat pusat perbelanjaan. Pembuatan topi di jogja melalui beberapa proses dari pemilihan bahan hingga pada akhirnya masuk ke tangan konsumen. Jika anda penasaran bagaimana proses dari pembuatan topi di jogja, maka berikut ini adalah ulasan singkat yang akan memberikan anda gambaran bagaimana proses yang terjadi dari topi yang masih bahan dan belum berbentuk topi hingga sampai ke tangan anda menjadi satu topi barang jadi yang siap dipakai.

Pembuatan desain topi

Tahap awal dari pembuatan topi di jogja adalah dengan membuat desain dari topi yang akan dipakai. Setiap topi memiliki bentuk dan desain tertentu yang berbeda satu dengan yang lain. Desain ini akan disesuaikan dengan tujuan dari fungsi topi tersebut apakah sebagai media promosi, sebagai alat untuk bergaya yang mendukung penampilan atau sebagai penghangat kepala yang digunakan untuk naik gunung. Setiap jenis topi akan memiliki desain berbeda yang nantinya akan menentukan material apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat topi tersebut.

Pemilihan bahan

Ketika desain telah jadi dibuat dan ditentukan material apa saja yang perlu dipersiapkan, maka saatnya untuk memilih bahan yang akan digunakan. Pemilihan bahan ini akan menentukan kualitas dari topi yang dibuat. Dana yang dibutuhkan untuk melakukan pembuatan topi juga akan ditentukan oleh harga dari kualitas material yang dipakai. Semakin baik kualitas material yang dipakai, maka dana yang diperlukan untuk memproduksi topi tersebut juga akan semakin mahal. Untuk topi topi pesanan, pemilihan bahan ini biasanya juga akan disesuaikan dengan keinginan dari pemesan dan kesepakatan harga topi di awal. Pemilihan bahan dasar juga ditentukan dari jenis topi yang akan dibuat. Misalnya topi untuk penghangat kepala seperti topi rajut akan memiliki bahan yang berbeda dari jenis topi promosi atau topi untuk olah raga.

Proses produksi

Proses selanjutnya adalah material bahan dimasukkan dalam proses produksi yang berupa proses penjahitan dari material tersebut hingga menghasilkan barang topi jadi yang siap dipasarkan. Biasanya di akhir proses produksi akan ada cek kontrol standar kualitas dari barang sehingga memastikan bahwa produksi barang yang dikeluarkan di pasaran merupakan jenis barang jadi yang layak pakai dan akan memuaskan para konsumen.

Proses distribusi dan penjualan

Proses terakhir dari pembuatan topi ini adalah proses distribusi dari pabrik ke pasaran, ke toko toko dan yang akan berakhir ke tangan konsumen.