Produsen Topi di Jogja

PRODUSEN TOPI DI JOGJA

Kebanyakan orang membeli topi hanya asal memilih yang didasarkan pada desain atau warnanya. Padahal ada hal lain yang harus diperhatikan, misalnya bahannya. Tidak banyak orang tahu bahwa topi memiliki bahan yang berbeda beda. Kebanyakan orang mengira semua topi memiliki bahan yang sama.  Padahal bahan yang digunakan bervariasi tergantung dari harganya. Nah, untuk menambah pengetahuan anda, ada baiknya kita mengenal jenis jenis topi yang biasanya digunakan oleh produsen topi di Jogja ya.

MATADOR

Jenis bahan kain matador ini merupakan bahan yang memiliki harga paling murah yang digunakan oleh para produsen topi. Jenis kain matador, atau dikenal dengan SAB, ini biasa dipilih untuk topi partai yang membutuhkan jumlah yang sangat banyak namun dengan harga yang murah. Jenis kain ini kasar dan juga lebih tipis. Bahan kain ini paling sering hanya digunakan di bagian dalam topi.

ROYAL

Jenis kain royal memiliki kualitas yang lebih baik daripada matador. Kain royal ini juga lebih sering digunakan untuk topi partai yang menginginkan kualitas yang lebih baik daripada matador. Karena kualitasnya yang lebih baik inilah, yang membuat royal memiliki harga yang sedikit mahal daripada matador, yaitu sekitar Rp 8.000,00 sampai Rp 10.000,00.

Twill Sueding

Twill sueding menawarkan bahan topi yang tidak terlalu rendah dan tetap nyaman, namun tidak sebagus drill. Jenis kain twill ini memiliki kualitas sedang, dan harga yang terjangkau. Dengan bahan katun ini, topi menjadi terasa halus dan lebih tipis dari royal. Karena kualitasnya yang tipis, bukan berarti lebih buruk dari royal, melainkan lebih lentur dan nyaman digunakan. Kelebihan lainnya yaitu warnanya yang sangat beragam dibandingkan bahan royal.

Drill

Kain twill sebenarnya merupakan salah satu jenis dari kain drill, tapi dengan kualitas yang agak bawah. Drill sendiri terbagi menjadi tiga kategori lagi yaitu biasa, sedang, dan premium yang bisa dibedakan dari serat serat yang digunakan. Banyak produsen topi di Jogja menggunakan jenis topi ini untuk topi pesanan dari suatu kantor untuk aksesoris acara perusahaan.

Raffel

Bahan kain raffel merupakan bahan kain yang paling banyak dan sering digunakan oleh produsen topi di Jogja dan tempat lainnya. Topi topi yang anda sering lihat di pinggir jalan atau distro biasanya terbuat dari bahan ini. Jenis kain ini sendiri masih dibagi lagi menjadi tiga, yaitu raffel polyester, katun, dan sueding. Rafel polyester dan katun memiliki ciri yang hamper sama. Rafel polyester dibuat dari bahan campuran plastik, sedangkan katun dari bahan kapas. Sedangkan sueding memiliki ciri khusus yaitu dari bahan yang agak berbulu seperti topi baseball paskibraka.