Tips Memilih Lokasi Konveksi Baju Di Jogja Untuk Usaha Fashion

Tips Memilih Lokasi Konveksi Baju Di Jogja Untuk Usaha Fashion
Konveksi baju di Jogja sangat penting keberadaannya untuk memenuhi kebutuhan sandang para konsumen yang ada di Jogja dan sekitarnya. Hal ini karena selera fashion yang dimiliki setiap konsumen umumnya berbeda dan kadang tidak semua tempat konveksi di Jogja mampu memenuhi permintaan konsumen. Jika Anda ingin membuka usaha di bidang fashion dan bekerjasama dengan pabrik konveksi terpercaya, ada beragam hal yang perlu Anda perhitungkan, diantaranya:
Perjanjian dengan tempat konveksi
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah perjanjian yang akan dibuat dengan lokasi konveksi Jogja murah. Perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak bertujuan untuk memperlancar proses pembuatan maupun distribusi produk. Pada saat membuat perjanjian, akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa poin, seperti:
a. Jumlah pakaian yang akan dipercayakan pada penjahit konveksi
Menetapkan diawal jumlah pakaian yang akan diminta untuk dikerjakan oleh pihak konveksi akan membantu Anda dalam memperkirakan budget dana yang harus disediakan sekaligus model yang akan diterapkan pada jenis bahan yang dipakai.
b. Deadline waktu pengerjaan
Pada saat mengadakan perjanjian dengan pengusaha pembuatan kaos di Jogja atau pengusaha konveksi lain, Anda perlu mengkomunikasikan deadline waktu pengerjaan kaos atau pakaian yang akan dipasarkan kembali. Dengan adanya deadline waktu yang jelas, Anda bisa meminimalisir resiko yang mungkin terjadi ketika baju pesanan tidak selesai sesuai deadline yang sudah disepakati.
c. Metode transaksi
Hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah metode transaksi, metode transaksi ini berhubungan dengan cara pesan diawal, berapa jumlah minimum pakaian yang bisa dilayani untuk dikerjakan, model yang bisa dikerjakan, dan lainnya. Selain hal tersebut, Anda juga bisa berdiskusi tentang cara pembayaran maupun cara kirim produk setelah selesai dikerjakan. Dengan begitu, Anda akan merasa puas dengan layanan yang ada dan mampu melayani kebutuhan konsumen yang datang pada Anda.
d. Ukuran yang dipakai
Kebanyakan pabrik baju di jogja yang melayani produksi skala besar tidak menggunakan ukuran langsung sesuai tubuh, tetapi menggunakan ukuran SML sesuai standar umum pakaian yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, pastikan dulu kondisi para konsumen yang selalu Anda layani maupun kriteria pangsa pasar yang Anda tuju untuk bisnis. Dengan cara ini, kebutuhan semua konsumen akan beragam ukuran pakaian bisa dipenuhi dengan baik.
e. Ragam desain
Salah satu poin perjanjian kerjasama dengan pabrik konveksi yang harus Anda teliti sebelum bekerjasama adalah ragam desain pakaian yang akan digunakan. Misalnya saja, Anda memesan desain polo shirt Jogja yang akan Anda pasarkan di beberapa wilayah. Keberagaman desain yang diterapkan akan meningkatkan pangsa pasar yang dituju dan membuat konsumen yang datang pada Anda memiliki banyak pilihan untuk dipakai secara pribadi.
f. Tambahan logo
Jika Anda memesan produk pada konveksi murah di Jogja, pastikan dulu ada tambahan logo yang boleh ditambahkan pada jenis pakaian yang Anda pesan dan berapa harga tambahan yang harus Anda bayar. Dengan mengetahui perkiraan harga total, Anda bisa memperkirakan harga jual produk yang akan dilepas ke pasar fashion sasaran Anda.
g. Harga jasa
Hal lain yang perlu dipikirkan dalam pembuatan perjanjian adalah hitungan ongkos jahit konveksi kaos maupun kemeja yang Anda pesan. Dengan perhitungan detail harga jasa, Anda bisa mencoba meminta potongan harga pada penyedia jasa apabila melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Tidak hanya itu, perkiraan ongkos jahit yang sudah Anda perhitungkan membantu Anda menentukan apakah di kemudian hari akan bekerjasama lagi dengan perusahaan konveksi yang sama atau mencoba mencari alternatif lain.
h. Garansi
Sampai saat ini, ada banyak daftar konveksi di Yogyakarta, namun terkadang untuk menemukan konveksi yang cocok ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Salah satunya adalah garansi ketika produk yang dihasilkan ternyata tidak sesuai dengan permintaan awal. Oleh karena itu, pada saat Anda ingin bekerjasama dengan perusahaan konveksi, ada baiknya menanyakan garansi seperti apa yang bisa diterima dari pabrik konveksi ketika pakaian yang dikirimkan tidak sesuai hasilnya dengan permintaan. Dengan realisasi poin garansi dalam perjanjian, Anda tidak akan menanggung kerugian yang terlalu besar ketika ada masalah selama pengerjaan pesanan pakaian.
Jenis bahan pakaian yang dipilih
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis bahan pakaian yang dipilih. Pemilihan bahan pakaian yang berkualitas akan membantu kenyamanan di tingkat konsumen. Pemilihan jenis bahan pakaian yang disediakan konveksi kaos di Jogja perlu didasarkan pada beberapa aspek, seperti:
• Kemampuannya untuk bisa menyerap keringat
• Tingkat elastisitas bahan pakaian dan ketahanan untuk dipakai dalam jangka waktu lama
• Ketahanan dari beragam proses pencucian maupun pengeringan
• Kecerahan warna bahan pakaian
• Kecocokan desain bordir, sablon, atau desain lain yang diterapkan diatas kain.
Dengan memperhatikan beragam aspek diatas, berikut adalah beragam jenis bahan kaos atau pakaian konveksi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan pangsa pasar tujuan bisnis yang ingin Anda raih.
1. Spandex
Sekarang ini kain spandex termasuk jenis kain yang banyak disediakan oleh jasa konveksi kaos Jogja murah. Hal ini karena tingkat elastisitas kain yang cukup tinggi. tidak hanya itu, jenis kain ini cukup menyerap keringat, sehingga nyaman untuk dikenakan dalam jangka waktu cukup lama. Ketika dikenakan, kaos atau pakaian yang terbuat dari bahan spandex umumnya langsung mengikuti bentuk tubuh pemakai dan tidak mudah robek dalam proses perawatannya.
2. Polyester
Polyester termasuk jenis kain yang terbuat dari serat sintetis. Meski sekilas tingkat kenyamanan bahan ini setara dengan bahan cotton, bahan ini tidak terlalu bisa menyerap keringat saat cuaca panas di sekitar cukup ekstrim. Kekurangan kain ini adalah warnanya yang mudah luntur dan mudah kusut ketika tidak cepat diseterika.
3. Fleece
Bahan fleece termasuk jenis bahan yang mudah ditemukan di lokasi supplier baju murah Jogja maupun produksi kaos Jogja. Hal ini karena bahan fleece kebanyakan digunakan untuk membuat jaket, training, maupun sweater yang memiliki kualitas bahan mirip seperti wool. Saat seseorang memakai pakaian dari bahan ini, dirinya tidak akan merasa gerah dan tetap merasa nyaman meski aktif bergerak. Pakaian dengan bahan ini lebih nyaman dipakai saat malam hari karena akan membuat tubuh terasa hangat.
4. Cotton
Sesuai dengan namanya, cotton yang sering dijumpai pada pabrik kaos di Jogja bisa dipilih dengan beragam kriteria. Kriteria yang dimaksud bergantung pada ketebalan benang yang dipakai, umumnya cotton yang dipakai untuk membuat kaos ada yang dipesan dari varian 20s, 24s, 30s, hingga 40s. Masing-masing memiliki tingkat kenyamanan bahan yang berbeda dan meskipun semua jenis cotton bisa menyerap keringat dengan baik, tidak semua jenis cotton bisa bertahan dengan perlakuan pencucian atau seterika yang sering dilakukan.
5. Sutra
Sutra termasuk produk kain yang harganya sangat mahal dan umumnya kain ini digunakan untuk membuat gaun atau pakaian pesta. Jika Anda ingin menjual produk yang terbuat dari kain sutra, pastikan supplier baju jogja yang didatangi memiliki stok bahan sutra yang cukup. Kain sutra sendiri memiliki karakter dingin saat dikenakan dan mudah menyerap keringat.
6. Twistcone dan sifon
Kain jenis twistcone memiliki karakter berat dan tebal. Berbeda dengan kain sifon yang memiliki model transparan dan lebih ringan. Baik twistcone dan sifon terbuat dari percampuran nilon, katun, dan polyester, meski begitu jika dibandingkan banyak orang yang akan memilih kain sifon karena kain sifon lebih nyaman dikenakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
7. Baby terry
Kain jenis baby terry terbuat dari serat kapas yang memiliki tekstur lembut dan berserat halus. Jenis kain ini sering dimanfaatkan tempat bikin kaos di jogja untuk membuat sweater, jumper, jaket, blazer, maupun kemeja tebal. Meski bahannya cukup berat, bahan ini sangat nyaman dikenakan di beragam cuaca karena mampu menyerap keringat.
8. Cardet
Bahan cardet cukup bisa ditemui di tempat bikin kaos murah di Jogja. Umumnya harga sablon kaos Jogja dari bahan ini juga cukup terjangkau karena aplikasi sablon cukup tahan lama dan cepat diterapkan pada jenis kain ini. Pada penerapannya, kain cardet tidak memiliki serat yang cukup halus tetapi cukup menyerap keringat.
9. Drill
Ketika Anda ingin pesan kaos di jogja, bahan drill mudah ditemukan di lokasi bikin kaos murah di Jogja. Hal ini karena bahan drill sekilas mirip dengan bahan kain jeans yang berkualitas tinggi. Meski tidak terlalu bisa menyerap keringat, bahan drill disukai kalangan anak muda karena warnanya yang eye catching dan bisa dipakai hampir di segala suasana.
10. Lycra
Bahan lycra seringkali bisa ditemukan di lokasi buat kaos murah Jogja. Bahan lycra sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti lycra nilon dan lycra katun. Selain masih bisa menahan panas dan menyerap keringat, bahan lycra memiliki warna yang tidak mudah luntur, sehingga bahan ini bisa dipasangkan dengan beragam jenis bahan lain.
11. Paragon
Tempat bikin kaos di Jogja umumnya akan menjual kaos bahan paragon, ketika lokasi tersebut melayani pembuatan kaos olahraga.
12. Linen
Ketika Anda ingin mendapatkan kain yang dingin dan nyaman dipakai, linen termasuk bahan yang bisa menjadi alternatif. Jenis bahan tersebut umumnya bisa digunakan untuk membuat dress, blus, maupun kemeja wanita. Tidak hanya itu, bahan linen juga bisa dipakai untuk membuat sprei dan serbet makan.
13. Denim
Beragam tempat penyedia kaos murah di Jogja, tentunya ada yang juga menyediakan jenis kain denim. Hal ini karena tampilan kain denim cocok untuk semua jenis usia dan terlihat casual. Kain denim sendiri umum digunakan sebagai bahan jaket, kemeja, atau jeans.
14. Polo shirt dan gildan
Anda umumnya bisa menemukan polo shirt maupun gildan di supplier Jogja polo shirt. Jenis bahan gildan maupun polo shirt umumnya adalah katun yang dikombinasikan dengan bahan lain untuk membuat serat kain terlihat lebih halus dan kualitas kain lebih tinggi. Kedua bahan ini cukup menyerap keringat saat digunakan beraktivitas seharian.
Pilihan sablon
Ketika Anda ingin berbisnis di dunia fashion, selain bahan pertimbangkan juga jenis sablon yang ingin dipasangkan dengan kain yang dibeli. Tempat sablon kaos di Jogja sendiri memang cukup banyak, tetapi jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa memilih lokasi konveksi yang sekaligus menyediakan layanan sablon Jogja. Dengan adanya layanan tersebut, harga jual pakaian yang Anda tawarkan akan semakin tinggi. Sekarang ini, ada beragam jenis sablon yang bisa Anda lihat contohnya pada tempat sablon Jogja.
a. Plastisol
Jenis sablon plastisol adalah jenis sablon yang banyak ditemukan saat Anda berniat membuat kaos distro berkualitas. Sablon plastisol sendiri diproses dengan menggunakan sablon pvc yang dikombinasikan dengan cat minyak. Agar hasilnya tahan lama dan tidak mudah luntur, ada tinta water base yang dikeringkan bersamaan dengan tinta minyak pada suhu 1600C.
b. Foil
Ketika Anda bekerjasama dengan tempat buat kaos jogja yang juga menyediakan jasa sablon, Anda bisa meminta pembuatan kaos dengan sablon foil. Sablon jenis ini menggunakan kertas alumunium foil sebagai dasaran yang ditempel dengan lem khusus. Setelah proses pencetakan selesai dan desain sudah dipress pada suhu tertentu, hasil sablon yang terlihat adalah ceetakan model berwarna keemasan. Sablon jenis ini cukup tahan lama asalkan perawatannya benar.
c. High density
Sekarang ini, masih cukup banyak tempat sablon di Jogja yang melayani sablon jenis high density. Sablon jenis ini membuat kaos terlihat lebih elegan dan mewah, karena tinta yang diaplikasikan membuat hasil sablon terlihat mengkilap dan basah. Tidak hanya itu, sablon jenis high density ini bisa dibuat dalam jangka waktu yang relatif lebih cepat dari jenis sablon lainnya.
d. Glow in the dark
Saat Anda mengunjungi pusat kaos polos Jogja, tidak ada salahnya menambah tampilan kaos polos tersebut dengan sablon glow in the dark. Sablon jenis ini populer di kalangan anak muda karena kaos yang dikenakan bisa menyala di tempat gelap. Sablon glow in the dark sendiri diproses dengan menggunakan cat fluorescence yang bisa menyerap cahaya di area terang dan memancarkannya kembali saat ruangan gelap.
Selain model sablon diatas, masih banyak jenis sablon yang bisa dikombinasikan dengan bahan yang dibeli, seperti sablon rubber, glitter, DTG, atau foam. Pilihan tentu bergantung dengan hasil akhir sablon yang ingin didapat.
Ragam produk yang diproduksi
Ketika Anda ingin bekerjasama dengan tempat buat kaos di Jogja maupun perusahaan konveksi kemeja kerja, perhatikan ragam produk yang ingin diproduksi. Dengan memeprhatikan hal ini, Anda bisa memperluas pangsa pasar yang dituju. Anda bisa memilih konveksi yang bisa mengerjakan beberapa produk sekaligus, seperti polo shirt, jaket, kemeja, blus, dan sweater. Dengan cara ini, Anda bisa memperhitungkan budget yang perlu dikeluarkan dan perlu didapat saat mulai berbisnis di dunia fashion.
Teknik pemasaran
Ketika Anda ingin membuat pakaian berbentuk kaos, kemeja, blus, maupun gaun yang dibuat dalam rangka dipasarkan ke pihak lain. Pastikan teknik pemasaran yang akan dilakukan. Teknik pemasaran ini, meliputi:
• Sasaran pasar yang ingin dituju meliputi usia, taste fashion, dan jenis kelamin.
• Sistem penjualan yang dibuat dalam bentuk paket produk atau grosir per piece.
• Harga kaos Jogja yang ingin diterapkan sebagai harga jual produk.
• Target omzet yang ingin didapatkan dalam satu periode.
• Strategi kompetitor yang bisa diadaptasi untuk meningkatkan penjualan produk, dan lainnya.
Dengan memperhatikan beragam hal diatas, kerjasama yang dilakukan dengan tempat pembuatan kaos di Jogja maupun pengusaha konveksi profesional akan membawa keuntungan dan mampu meminimalisir resiko kerugian yang mungkin terjadi.